- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Dalam tulisan ini, Saya ingin membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan
dengan Iklan, Khususnya Iklan Google Adsense. Saya kumpulkan dari Sumbernya langsung, yaitu Google Adsense.
Memang memerlukan penjelasan lebih terperinci, mungkin dilain hari akan saya
tambahkan sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Sekali lagi, ini Bukan Tulisan Saya. Saya
hanya merangkum dan mengumpulkan saja. Tulisan ini diambil dari Google Adsense itu sendiri.
A.
Jenis
Iklan.
Google
menawarkan beberapa opsi berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan
pada laman dan dalam laporan anda. Ini
beberapa jenis iklannya :
1.
Teks : termasuk iklan teks yang telah
ditampilkan dalam format bergaya majalah seperti gambar.
2.
Gambar.
3.
Multi Media.
4.
Flash.
5.
Video.
6.
Gambar Animasi.
7.
Audio.
8.
Unit tautan.
Anda dapat memilih jenis iklan
yang ingin ditampilkan saat membuat atau mengedit unit iklan dan juga
menetapkan preferensi jenis iklan default untuk akun anda.
1.
Iklan
Bergambar.
Iklan bergambar
merupakan Iklan Grafik yang ditawarkan dalam beberapa format iklan diantaranya
:
a.
Iklan yang telah disarankan pihak Google Adsense
sendiri. Formar iklannya berbeda – beda.
b.
Iklan Horizontal.
c.
Iklan Tegak.
d.
Iklan Persegi.
2.
Iklan
Gambar dinamis.
Iklan Gambar
animasi adalah gambar grafis yang dinamis yang dapat muncul di unit iklan jika
anda telah mengaktifkan iklan gambar.
3.
Iklan
HTML.
Iklan HTML
adalah situs mini interaktif yang disesuaikan yang dapat ditampilkan sebagai
iklan Google pada situs yang menggunakan Adsense untuk konten. Iklan HTML
adalah jenis iklan Multi Media.
Berikut ini ada
beberapa catatan penting tentang Iklan HTML, yaitu :
a.
Ukuran
: Iklan HTML dapat ditampilkan dalam ukuran iklan yang sama yang mendukung
iklan gambar. Agar Iklan HTML tampil di salah satu unit iklan anda, anda harus
menggunakan salah satu ukuran iklan ini dan juga telah mengaktifkan iklan
bergambar untuk unit iklan tersebut.
b.
Pelaporan
: Google Adsesnse akan menghitung satu klik untuk setiap klik tayang yang
dilakukan pengguna yang mengarahkannya menuju situs pengiklan. Bergantung pada
penerapan iklan, ini dapat berupa klik pada logo atau URL yang terlihat.
4.
Iklan
Kosong.
Iklan kosong
berpadu dengan latar belakang laman web anda. Pengguna tidak dapat melihat
iklan kosong jadi pengalaman pengguna tidak akan terganggu, namun karena tidak
ada yang dapat di klik, anda juga tidak akan menghasilkan pendapatan apapun.
Perlu diketahui
bahwa iklan kosong memakan jumlah tempat yang sama dengan iklan aktif. Misalnya : anda telah menempatkan kode
iklan untuk kotak sedang ukuran 300 x 250 diantara dua paragraph di laman.
Sampai iklan aktif mulai ditampilkan, ruang kosong ukuran 300 x 250 akan
menempati posisi di antara dua paragraph tersebut.
5.
Iklan
Lightbox.
Iklan Lightbox
adalah jenis iklan yang dapat diperluas hingga ukuran yang sangat besar hingga
1000 x 600 piksel. Ketika pengguna memilih untuk terlibat dengan Iklan Lightbox
(dengan mengarahkan kursor diatas iklan selama dua detik), iklan kemudian
meluas ke tengah laman. Setelah iklan diperluas, lapisan terang membuat latar
belakang laman menjadi abu – abu sehingga memberi pengguna pengalaman iklan
yang mendekati layar penuh. Iklan Lightbox adalah format keterlibatan tinggi
dan hanya tersedia di Google Display Network (GDN).
Iklan Lightbox
ditayangkan sebagai iklan pihak ketiga dan dibuat oleh vendor multimedia
tersertifikasi Google untuk pengiklan display teratas di jaringan kami. Pengiklan
membayar iklan Lightbox dengan basis biaya per keterlibatan (BPKt) yang berarti
bahwa anda mendapat penghasilan dari iklan Lightbox ketika pengguna memilih
untuk terlibat dengan iklan di laman anda yaitu dengan mengarahkan kursor
selama 2 detik untuk meluaskan iklan.
6.
Iklan
Multi Media.
Grup jenis iklan
alternative yang mencakup iklan HTML, Flash dan Video. Anda dapat memilih
apakah akan menampilkan iklan Multi Media saat membuat atau mengedit unit iklan
dan juga menetapkan preferensi jenis iklan bawaan untuk akun anda.
7.
Iklan
Penelusuran Ubahsesuaian.
Iklan
Penelusuran Ubahsesuaian adalah produk Google yang memungkinkan penayang yang
memiliki teknologi mesin telusurnya sendiri untuk memonetasi laman hasil
penelusuran mereka.
Iklan
Penelusuran Ubahsesuaian saat ini hanya tersedia untuk sejumlah penayang dalam
jumlah terbatas. Jika anda merasa bahwa situs anda cocok, Google adsense
menyarankan anda untuk membaca selengkapnya peraturannya dan mendaftar.
Jika anda sudah
menggunakan produk Google Penelusuran Ubahsesuaian seperti adsense untuk
penelusuran, untuk menerima baik hasil penelusuran maupun iklan, maka anda
tidak memerlukan Iklan Penelusuran Ubahsesuaian. Semua mesin telusur
Ubahsesuaian otomatis dimonetasikan tanpa langkah – langkah tambahan apapun dan
anda dapat elacak penerimaan yang diperoleh dalam laporan kinerja Adsense untuk
penelusuran.
8.
Iklan
Teks.
Iklan Teks
biasanya berisi judul yang juga merupakan tautan yang dapat di klik ke laman
web satu atau dua baris teks dan alamat situs web berwarna hijau. Iklan teks
terkadang dikenal sebagai “Tautan
Sponsor” karena judul tertaut ke situs web yang diiklankan. Iklan ini dapat
tampil di laman hasil penelusuran google dan di seluruh Google Display Network.
Iklan Teks mungkin terlihat sedikit berbeda di Display Network.
9.
Iklan
yang Dapat Diperluas.
Iklan yang Dapat
Diperluas adalah iklan Multi Media yang dapat diperluas melebihi ukuran asli
unit iklan, mengikuti tindakan yang dipicu oleh pengguna. Hal ini menciptakan
keadaan yang lebih nyata bagi iklan, yang memungkinkan lebih banyak interaksi
dari pengguna yang berminat. Contohnya : Iklan yang Dapat Diperluas
dapat melakukan streaming, cuplikan film, menayangkan klip game video atau
menampilkan berbagai tampilan item diskon.
B.
Format
Iklan.
Ukuran iklan
yang ditampilkan pada situs misalnya pilar 120 x 600 piksel. Semua format dapat
dilihat dilaman format iklan Google Adsense. Format iklan yang berbeda dapat
mendukung jenis iklan yang berbeda, misalnya iklan teks, gambar atau video.
Jumlah iklan individu yang ditampilkan tiap – tiap format iklan juga berbeda,
misalnya format iklan spanduk akan menampilkan maksimal 2 iklan pada laman
secara horizontal dan format pilar akan menampilkan maksimal 4 iklan secara
vertical.
C.
Kode
Iklan.
HTML yang
ditempatkan pada semua laman pada situs yang disetujui penayang yang memiliki
situs, agar iklan dapat ditampilkan pada laman tersebut dalam format letak
iklan tertentu.
D.
Penempatan
Iklan.
Penempatan Iklan
adalah sekumpulan unit iklan tertentu tempat pengiklan dapat memilih ntuk
menepatkan iklan. Mereka menggunakan penargetan penempatan. Penempatan Iklan
dapat berukuran seluas seluruh situs web atau sekhusus satu unit iklan.
Penempatan dapat dilihat oleh pengiklan dengan dua (2) cara, yaitu :
1. Penempatan yang dibuat secara Otomatis.
Setiap situs web penayang di jaringan Adsense secara
otomatis tersedia untuk pengiklan sebagai target penempatan iklan mereka. Bila
pengiklan menargetkan jenis penempatan ini, iklan mereka dapat muncul dianapun
di situs web tersebut.
2. Penempatan yang ditetapkan oleh
Penayang.
Anda dapat menetapkan penempatan iklan menggunakan
saluran khusus. Anda meilih cara mengelompokkan unit iklan tertentu di situs
yang anda inginkan agar dapat ditargetkan pengiklan. Cara umum mengelompokkan
unit iklan menjadi saluran khusus adalah berdasarkan topic, format iklan, atau
lokasi pada laman. Bila pengiklan menargetkan penempatan iklan yang ditetapkan
penayang, iklan mereka hanya dapat muncul di unit iklan tertentu yang dipilih
penayang.
E.
Permintaan
Iklan.
Permintaan Iklan
dihitung bila situs anda meminta iklan untuk ditampilkan. Permintaan Iklan
adalah jumlah unit iklan yang meminta iklan (untuk iklan konten) atau kueri
penelusuran (untuk iklan penelusuran). Kami melaporkan permintaan iklan setiap
kali permintaan dikirim, meskipun tidak ada iklan yang dihasilkan dan sebagai
gantinya iklan cadangan ditampilkan.
F.
PPS
Iklan.
Pendapatan Per
Seribu Tayangan (PPS) iklan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan dengan
jumlah tayangan iklan yang anda terima, lalu dikalikan 1000.
PPS Iklan =
(taksiran Penghasilan / Tayangan Iklan) x 1000.
Contohnya : Jika taksiran Penghasilan
anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan , PPS iklan akan sama dengan
($180/45.000)x 1000 atau $4.
G.
PPS
Permintaan Iklan.
Perdapatan Per
Seribu (PPS) Permintaan Iklan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan
dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat lalu dikalikan 1000.
PPS Permintaan
Iklan = (Taksiran Penghasilan / Jumlah Permintaan Iklan) x 1000.
Contohnya : Jika anda memperoleh
Taksiran $60 dari 15.000 Permintaan Iklan, PPS Permintaan Iklan akan sama
dengan ($60/15.000)x 1000 atau $4.
H.
PPS
Sesi Iklan.
Penghasilan Rata
– rata Per 1000 Sesi Iklan.
PPS Sesi Iklan =
(Taksiran Penghasilan / Jumlah Sesi Iklan) x 1000.
I.
RKT
Iklan.
Untuk Iklan
Standar, Rasio Klik Tayang (RKT) iklan anda adalah jumlah klik iklan dibagi
dengan jumlah Tayangan iklan individual.
RKT Iklan = Klik
/ Tayangan Iklan.
Contohnya : Jika Iklan anda menerima 5
Klik dari 1000 Tayangan Iklan, RKT Iklan anda adalah 0,5% .
Untuk unit
Tautan, Jumlah Klik Iklan dibagi dengan Jumlah tayangan laman tempat iklan
muncul saat unit tautan di klik.
J.
RKT
Permintaan Iklan.
Rasio Klik
Tayang (RKT) Permintaan Iklan adalah Jumlah Klik Iklan dibagi dengan jumlah
Permintaan Iklan.
RKT Permintaan
Iklan = Klik / Permintaan Iklan.
Contohnya : Jika anda menerima 7 Klik
dari 1000 Permintaan Iklan, RKT Permintaan Iklan anda adalah 0,7%. (7/1000 = 0,7%).
K.
Sesi
Iklan.
Jumlah Total
Sesi Iklan. Sesi Iklan dihitung setiap kali pengguna mengunjungi situs anda dan
melihat satu atau beberapa laman dengan iklan dalam jangka waktu tertentu.
L.
Sesi
Iklan Terukur.
Persentase Lalu
Lintas yang dapat diukur sesi iklannya dengan Adsense. Perhatikan bahwa Adsense
mungkin tidak dapat mengukur 100% sesi Iklan di situs anda.
Misalnya : Jika pengguna mengubah
setelan cookie mereka.
M.
Tayangan
Iklan.
Tayangan Iklan
dilaporkan setiap kali iklan individual ditampilkan di situs web anda. Format
Iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan.
Misalnya : Setiap kali spanduk tegak
muncul di situs, anda akan melihat dua tayangan iklan dalam laporan. Selain
itu, perhatikan bahwa jumlah iklan dalam unit iklan manapun bisa berbeda –
beda. Tergantung pada apakah unit iklan menampilkan iklan teks standar, iklan
teks diperpanjang, atau iklan bergambar.
N.
Tayangan
Per sesi Iklan.
Jumlah Rata –
rata tayangan iklan per sesi iklan. Perhatikan bahwa biasanya ada beberapa
tayangan iklan per pemuatan Laman.
O.
Unit
Iklan.
Serangkaian
Iklan yang ditampilkan karena satu bagian Kode Iklan Adsense. Anda dapat membuat
dan mengubahsesuaikan unit iklan di Adsense. Anda dapat memberi nama unit iklan
dan mengelola setelannya di akun terutama untuk unit iklan yang dibuat setelah
7 November 2007.
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment